Pengertian Variabel Penelitian Beserta Jenis dan Contohnya

Variabel Penelitian, Bebas dan Terkait – Penelitian adalah sebuah proses ilmiah dan sistematis untuk mengetahui segala sesuatu yang diinginkan. Hasil dari kegiatan ini bisa dimanfaatkan untuk masyarakat atau dijadikan acuan untuk proses selanjutnya. Banyak komponen yang harus diperhatikan. Salah satunya mengenai objek yang akan diteliti yang lebih sering disebut dengan variabel penelitian. Jika tanpa ini maka proses penelitian tidak berjalan. Karena tahap awal yang harus dikerjakan adalah menentukan variabel yang akan diobservasi.

Definisi dan Pengertian Variabel Penelitian

Secara umum variabel adalah objek yang akan dijadikan penelitian baik yang berbentuk abstrak maupun real. Pelaksanaan kegiatan ini harus sistematis dan sesuai dengan kaidah ilmiah. Jadi hasil dari bisa observasi dipertanggungjawabkan kebenarannya. Landasan teori yang dipakai juga mempengaruhi hasil yang didapatkan. Jumlah Variabel tidak ditentukan bergantung pada jenis penelitian yang akan dilakukan. Setelah mengetahui pengertian variabel penelitian, langkah selanjutnya adalah mempelajari ragamnya. Beberapa jenis variable yang harus diketahui adalah.

variabel penelitian

Jenis Jenis Variabel Pengertian

1. Variabel Bebas dan terikat
variabel bebas adalah objek penelitian yang mempengaruhi faktor lainnya. Sesuai dengan namanya, variabel ini sifatnya bebas dan hasilnya tidak dipengaruhi oleh apapun. Beda halnya dengan variabel penelitian yang bersifat terikat. Hasilnya dipengaruhi oleh objek penelitian yang lain. Contohnya pada sebuah penelitian yang berkaitan dengan hasil belajar dan minat belajar. Yang menjadi objek bebas adalah minat belajar yang mempengaruhi hasil belajar.

2. Dinamis dan statis
Jika pada variabel bebas dan terikat lebih menekankan pada hubungan antar keduanya. Berbeda dengan sifat objek penelitian yang satu ini. Variabel dikatakan dinamis jika karakter atau jumlahnya bisa dirubah. Misalnya prestasi kerja, motivasi belajar, dan lain-lain. Sementara yang bersifat statis artinya tidak bisa dirubah seperti nama, jenis kelamin, pendidikan dan sebagainya.

3. Konseptual dan faktual
Variabel adalah proses mengolah objek yang nyata maupun abstrak yang tujuannya untuk mendapatkan hasil penelitian. Tahapan kegiatan yang meneliti objek berdasarkan konsep yang sudah ada dinamakan Konspetual. Sementara jika variabel sudah nyata ada sejak dulu, maka disebut faktual. Keduanya memiliki karakter yang saling berlawanan. Contoh variabel penelitian tersebut misalnya semangat belajar dan umur. Semangat belajar bersifat konseptual sedangkan umur adalah sesuatu yang faktual sesuai dengan keadaan sebenarnya saat tersebut.

4. Aktif dan Atribut
Ada variabel penelitian yang bisa dimanipulasi dan ada pula yang tidak. Jika menilik dari pendapat Kidder yang menyatakan bahwa variabel penelitian adalah sebuah hasil yang didapatkan oleh peneliti setelah menarik kesimpulan dari proses yang dilakukan. Bisa kita bagi jenis jenis penelitian menjadi 2. Jika objeknya bisa dimanipulasi, dimasukkan dalam variabel aktif. Namun jika sifatnya tidak bisa dirubah maka disebut dengan atribut.

Dengan mengetahui pengertian variabel maka akan didapatkan banyak kemudahan untuk mendapatkan data yang diinginkan. Setelah diolah kemudian bisa dilakukan sebuah evaluasi mengenai metode yang digunakan. Apakah akan dilanjutkan atau menggunakan cara lain. Hipotesa menjadi bagian penting dalam observasi. Ini bisa didapatkan dengan pemilihan variabel yang baik. Ada beberapa ciri yang dimiliki. Yaitu bersifat relevan dengan tujuan penelitian, bisa dinilai dan diamati, mudah diidentifikasi, klarifikasi, dan definisinya jelas.

Variabel adalah objek penting dalam penelitian. Pemilihannya harus sesuai agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Proses dan landasan teori yang digunakan juga mempengaruhi hasil observasi. Semakin bagus variabel yang dipilih maka hasil penelitian bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Semoga dengan adanya info mengenai objek penelitian ini bisa memberi pengetahuan kepada Anda mengenai dunia ilmu pengetahuan.