Stakeholder Adalah? Pengertian Apa itu Stakeholder + Contoh Teorinya

Pengertian Stakeholkder – Pastinya Anda sudah sering mendengar istilah ini, stakeholder. Dalam berbagai bidang sering digunakan untuk menunjuk pada komunitas atau sekelompok orang yang memiliki kepentingan tertentu. Menurut Wibisono, Stakeholder adalah adalah sekelompok masyarakat yang memiliki hubungan dengan sebuah perusahaan baik sebagai pihak yang mempengaruhi atau terpengaruh. Jadi kunci dari kelompok ini harus memiliki hubungan dengan instansi baik yang berhubungan dengan bidang ekonomi, sosial, dan lain-lain. Secara tidak langsung posisinya sangat mempengaruhi hasil dari sebuah usaha baik secara keseluruhan atau beberapa bagian saja.

Teori Stakeholder dan Contohnya

Banyak faktor yang mempengaruhi berhasil tidaknya sebuah perusahaan. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa arti stakeholder adalah komunitas yang berkepentingan, maka bisa diambil kesimpulan bahwa hadirnya kelompok ini sangat mempengaruhi pencapaian usaha. Begitu pula sebaliknya, kepentingan dari grup ini hanya bisa dicapai dengan peran serta perusahaan. Beberapa teori stakeholder yang ada saat ini diantaranya adalah.

pengertian stakeholder

1. Instrumental
Dalam teori ini disebutkan bahwa salah satu strategi untuk meningkatkan kinerja perusahaan adalah dengan memperhatikan kepentingan stakeholder. Keduanya harus memiliki hubungan yang saling menguntungkan. Jika bisa dijaga dengan baik maka pendapatan yang diperoleh akan bertambah besar. Karena itulah pihak manajer sangat menjaga interaksi dengan pemangku kepentingan agar prosesnya berjalan dengan lancar.

2. Normatif
Dalam menjalankan sebuah bisnis tidak hanya memperhitungkan keuntungan saja. Pihak-pihak yang berjasa juga harus mendapatkan imbalan yang pantas. Stakeholder yang berpengaruh pada perusahaan juga bisa mengalihkan kepentingan ke pihak lain. Jika begini maka akan ada kerugian yang diterima karena partisipan berkurang. Jika menilik pada pengertian stakedolder diatas, jelaskan bahwa pengaruhnya cukup besar dan harus dijaga.

3. Deskriptif
Teori stakeholder adalah memberikan gambaran bagaimana seorang manajer mengelola tugas pemangku kepentingan agar bisa saling menguntungkan. Bagaimanapun juga kedua pihak saling membutuhkan. Jika ada yang merasa berat sebelah maka bisa berimbas pada hasil perusahaan. Kali ini peran manajer sangat penting agar proses kinerja bisa berjalan dengan lancar.

Beberapa orang yang tidak berkecimpung di dunia bisnis dan finansial. Pastinya akan bertanya, apa itu stakeholder. Istilah ini sering wara-wiri di kehidupan sehari-hari. Namun, tidak ada yang tahu pasti pengertiannya. Untuk memudahkan mengetahui apa sebenarnya istilah tersebut. Bisa dilihat dari contoh yang sering ditemui. Tidak hanya berkaitan dengan bidang ekonomi saja. Beberapa ada yang berasal dari pemerintah, komunitas, bahkan media massa.

Contoh stakeholder yang sering ditemui misalnya staff, karyawan, suplier, dosen, satpam, bahkan mahasiswa. Selama berkaitan dengan sebuah usaha, siapa saja bisa menduduki sebagai pemangku kepentingan. Dari sisi pemerintahan misalnya. Peraturan yang dikeluarkan berpengaruh pada kebijakan yang akan diambil perusahaan. Bisa jadi menguntungkan atau bahkan sebaliknya. Karena itulah seorang manajer harus mengetahui cara membina hubungan baik dengan berbagai pihak.

Kelompok masyarakat juga memiliki peran yang sangat besar dalam memberikan pendapatan kepada perusahaan. Perannya tentu saja sebagai konsumen yang akan membeli produk yang dihasilkan. Semakin banyak pembelian maka keuntungan yang diperoleh juga bertambah, karena itu pemuasan pelanggan sangat dibutuhkan agar masyarakat tetap menggunakannya dan tidak beralih ke yang lainnya.

Dari penjelasan definisi stakeholder diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa stakeholder adalah pihak yang sangat berpengaruh pada perkembangan perusahaan. Jika melihat pada beberapa teori yang disebutkan diatas. Yang memiliki peran agar hubungan kedua belah pihak bisa berjalan harmonis adalah manajer. Semoga info ini bisa memberikan manfaat terutama jika pekerjaan Anda berhubungan dengan pihak tersebut.