Pengertian Indikator Adalah ? Arti Indikator dan Jenisnya

Pengertian Indikator – Anda tentu sering mendengar istilah indikator dalam berbagai aktivitas. Misalnya saja dalam dunia pendidikan, dimana seorang sistwa harus mencapai indikator tertentu untuk bisa melanjutkan pembelajaran pada bab selanjutnya. Indikator ini bisa dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan peserta didik dalam menyerap pelajaran. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan pengertian indikator? Indikator adalah sebuah ukuran dari suatu kondisi tidak langsung yang sudah atau telah terjadi.

Pengertian Indikator Menurut Para Ahli :

Pengertian tentang Indikator banyak dijelaskan oleh para ahli. Salah satunya adalah Wilson dan Sapanuchart yang menyatakan bahwa indikator adalah ukuran dari sebuah status atau kondisi secara tidak langsung yang telah terjadi. Misalnya saja kondisi massa atau bobot bayi yang telah disesuaikan dengan usianya. Dimana usia dan bobot bayi adalah indikator dari tingkat gizi bayi. WHO juga menjelaskan bahwa arti indikator adalah variabel yang dapat membantu manusia untuk melakukan pengukuran terhadap berbagai macam perubahan baik yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung.

indikator adalah

Arti indikator juga dikemukakan oleh Darwin Syah. Pengertian yang dijelaskan cenderung fokus pada indikator dalam kegiatan pembelajaran. Dimana dia menuturkan bahwa indikator adalah ciri ataupun tanda yang menunjukkan bahwa peserta didik telah berhasil memenuhi standar kompetensi pendidikan yang berlaku atau yang telah ditetapkan. Departemen Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan yang ada di Amerika Serikat juga memberikan pendapatnya tentang indikator.

Menurut departemen Amerika Serikat tersebut, indikator adalah sebuah statistik yang dapat membantu manusia untuk membuat penilaian yang komprehensif, imbang dan ringkas untuk berbagai macam kondisi. Penilaian tersebut juga harus bersifat normatif dan meliputi aspek penting dalam kehidupan masyarakat. Sementara itu, Green menyatakan bahwa indikator merupakan kumpulan variabel yang dapat mengindikasikan atau menunjukkan kepada penggunanya suatu kondisi tertentu. Indikasi terhadap kondisi tertentu tersebutlah yang kemudian digunakan untuk mengukur semua perubahan yang terjadi.

Setelah membahas beberapa pengertian indikator yang dikemukakan oleh para ahli seperti di atas, bisa disimpulkan bahwa penjelasan tentang apa itu indikator adalah setiap ciri, ukuran, ataupun karakteristik yang bisa menunjukkan sekaligus mengindikasikan adanya perubahan yang terjadi untuk suatu bidang tertentu. Dalam hal ini, indikator memiliki manfaat yang sangat besar untuk manusia melakukan sebuah kegiatan sekaligus mengetahui sejauh mana aktivitas atau kegiatan yang sudah dilakukan tersebut berubah atau berkembang.

Baca juga : Teknik Sampling

Indonesia indicator umumnya berkaitan dengan keberhasilan pemerintah untuk menjalankan pemerintahan demi kesejahteraan rakyatnya. Jadi indikatornya adalah kesejahteraan rakyat. Indikator sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, tergantung dari objek yang akan diukur. Di bawah ini adalah beberapa jenis indikator yang perlu Anda pahami.

Jenis Jenis Indikator :

1. Indikator pendidikan
Indikator pembelajaran atau indikator pendidikan adalah penjabaran secara keseluruhan dari kompetensi dasar. Dimana penjabaran ini menunjukkan respon yang diberikan peserta didik terkait dengan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan oleh pendidik.

2. Indikator kerja
Indikator kinerja karyawan adalah tolak ukur seorang karyawan dalam menjaga kualitas pekerjaannya sesuai dengan standar kebutuhan perusahaan. Dalam mengukur kinerja karyawan, terdapat beberapa indikator yang sering digunakan yakni ketepatan waktu, kualitas pekerjaan, kemandirian, efektivitas dan lain sebagainya. Dalam dunia kerja indikator adalah pengukuran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan apresiasi atau insentif kepada karyawan yang bersangkutan.

3. Indikator penelitian
Indikator dalam penelitian lebih sering digunakan dalam dunia sains. Salah satu indikator yang banyak diaplikasikan untuk penelitian adalah indikator asam basa. Dimana seorang peneliti mengukur tingkat keasaman atau basa suatu sampel menggunakan indikator tersebut. Demikianlah ulasan mengenai pengertian indikator beserta jenis jenis indikator yang telah kami paparkan. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan Anda.