Pengertian Analisis Adalah – Arti Analisa Menurut Para Ahli

Pengertian Analisis – Dalam kehidupan manusia, kegiatan analisa tentunya akan selalu ada, baik dalam kegiatan pembelajaran, penelitian dan pekerjaan lainnya. Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Analisis atau analisa? Jika dilihat dari segi bahasa, kata analisa diambil dari bahasa Yunani Kuno yakni “analusis”. Arti dari kata analisis adalah melepaskan. Jadi bisa diketahui bahwa analisa adalah suatu kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk mengamati suatu objek dengan detail dan rinci.

Caranya adalah dengan melepaskan, menguraikan atau memisahkan antar setiap komponen penyusun objek tersebut untuk dipelajari dan dikaji lebih lanjut. Dari segi linguistik, analisa adalah studi mengenai bahasa yang dipakai untuk melakukan pemeriksaan secara rinci yang berhubungan dengan struktur sebuah bahasa. Analisa atau analisis juga bisa dikaitkan dalam dunia eksak.

Dimana analisa merupakan kegiatan yang dilakukan manusia di dalam laboratorium untuk memeriksa zat atau senyawa yang ada di dalam sampel yang akan diuji.Dalam perkembangannya, pemakaian kata analisa cenderung dikenal sebagai serapan dari bahasa asing. Kata analisa sebenarnya banyak dipakai dalam berbagai bidang pengetahuan. Bisa dilihat bahwa dalam pelajaran bahasa, ilmu sosial bahkan ilmu pengetahuan alam menggunakan kegiatan analisa dalam menguji atau mengetahui asal-asul suatu objek.

pengertian analisis

Hanya saja yang membedakan adalah cara analisa atau metode yang digunakan. Karena dalam mengkaji suatu masalah, metode yang dipakai tentu berbeda. Tergantung dari jenis masalah atau objek yang akan dikaji. Metode dalam kegiatan analisa adalah metode ilmiah. Ada banyak pengertian analisis menurut para ahli yang akan membuat Anda semakin memahami arti dan makna dari analisa.

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli :

  • Anne Gregory
    Anne Gregory berpendapat bahwa Analisis adalah langkah atau tahapan pertama yang harus dilakukan dalam proses perencanaan. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa analisa selalu dibutuhkan dalam kegiatan perencanaan. Misalnya saja saat Anda ingin membuka bisnis baru seperti laundry, jualan bakso dan lain-lain. Tentunya dibutuhkan analisa yang tepat terkait dengan modal usaha, keuntungan, biaya pegawai dan lain sebagainya. Dengan melakukan analisa, maka kemungkinan bisnis akan merugi bisa diminimalisir. Disinilah fungsi dari analisa dalam tahap perencanaan.
  • Syahrul
    Syahrul menyatakan bahwa analisa adalah kegiatan evaluasi terhadap kondisi tertentu dari ayat-ayat atau pos-pos yang berhubungan dengan akuntansi. Sekaligus dengan alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul. Pengertian analisis tersebut tentunya lebih banyak digunakan dalam bidang ekonomi atau akuntansi. Dimana kegiatan analisis akan memudahkan para akuntan untuk mengurai setiap komponen dalam laporan akuntansi agar lebih akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.
  • Wiradi
    Wiradi berpendapat bahwa analisis adalah aktivitas yang memuat proses mengurai, membedakan dan memilah sesuatu untuk kemudian dikelompokkan dan digolongkan berdasarkan kriteria tertentu. Selanjutnya dicari makna dan keterkaitannya. Pengertian analisis ini lebih fokus pada ilmu pengetahuan alam. Contohnya, dalam suatu kasus ditemukan tanaman baru yang belum pernah dilihat. Kemudian oleh peneliti dilakukan analisa terkait dengan ciri-ciri tanaman agar bisa diklasifikasikan dan dikaitkan dengan spesies atau famili tanaman lain yang sudah ada.
  • Effrey Liker
    Pengertian analisa selanjutnya dikemukakan oleh Effrey Liker. Dimana analisa adalah waktu yang digunakan untuk menemukan sumber (akar) atau bukti baru untuk menyelesaikan masalah. Penjelasan tersebut tentu menunjukkan bahwa kegiatan Analisis juga berlaku dalam bidang hukum atau kepolisian dalam mencari akar masalah atau pelaku kejahatan.

Baca juga : Pengertian Evaluasi

Kini, Anda sudah memahami pengertian analisis sesuai dengan fungsionalnya bukan? Silahkan anda pelajari dengan seksama mengenai definisi analisis maupun definisi analisa berdasarkan pendapat para pakar/ ahli yang telah kami sajikan diatas. Demikianlah ulasan kali ini, semoga bermanfaat.