Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif + Contoh Perbedaannya

Di dunia penelitian dikenal dua metode yang biasa digunakan oleh para peneliti, yaitu Kualitatif dan Kuantitatif. Kedua metode ini terkadang dapat digunakan secara bersamaan, namun juga dapat digunakan salah satu di antaranya saja. Memahami metode ini menjadi poin penting bagi setiap peneliti, sebab metode yang dipilih sangat berkaitan erat dengan permasalahan pada penelitian itu sendiri. Lalu apa yang membedakan antar metode penelitian kualitatif dan kuantitatif ini?

Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Metode Penelitian kualitatif merupakan sebuah metode yang memfokuskan pada pemahaman fenomena sosial dari sudut pandang partisipan secara deskriptif. Dengan kata lain, metode ini lebih menekankan pada penelitian yang bersifat memberikan gambaran secara jelas dan sesuai dengan fakta di lapangan. Sementara itu, metode Penelitian kuantitatif ialah sebuah metode yang dikenal memberikan gambaran terhadap suatu objek melalui teknik analisis tertentu. Biasanya metode kuantitatif ini lebih banyak menggunakan teknik analisis jika dibandingkan metode kualitatif.

kualitatif dan kuantitatif

Di samping itu, proses pada metode kualitatif juga dikenal istilah paradigma alamiah. Maksudnya segala yang proses yang diteliti harus terjadi sesuai dengan kenyataan dan tidak ada manipulasi. Dengan kata lain, jika pada penelitian tersebut ditemukan suatu hal minus, maka hal itu harus dilaporkan pada hasil penelitian. Sementara pada Penelitian kuantitatif juga harus dilakukan sesuai realitanya, namun hasil penelitian bergantung pada proses analisis data yang dilakukan.

Baca juga : Variabel Penelitian

Terkait dengan dua metode ini, ada beberapa hal yang membedakan antara penelitian kualitatif dengan kuantitatif. Berikut ini beberapa perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang dapat dipelajari.

Perbedaan Metode Kualitatif dan Kuantitatif

1. Jenis Data
Pada umumnya, metode kualitatif menggunakan jenis data dalam bentuk bukan angka. Misalnya sebuah penelitian yang membahas tentang karakter seorang siswa SMP. Maka data penelitian dapat berupa Rajin, Tidak Rajin, Sangat Rajin, atau Cukup Rajin. Sementara itu, data kuantitatif lumrahnya berbentuk angka-angka. contoh Penelitian Kuantitatif terkait hasil belajar siswa, maka datanya dapat berupa 90, 80, 70, 85, dan seterusnya.

2. Jenis Teori
Pada jenis kuantitatif biasanya menggunakan teori yang bersifat deduktif. Hal ini berarti proses penelitian dilakukan dari hal-hal yang bersifat ke umum hal-hal yang bersifat khusus. Sementara pada metode kualitatif penelitian dilakukan secara terbalik. Fenomena-fenomena khusus dapat dijadikan suatu landasan untuk memperoleh kesimpulan fenomena secara umum (teori induktif).

3. Proses Analisis
Sebagaimana dikatakan semula, bahwa metode kuantitatif lebih banyak menggunakan teknik analisis untuk memperoleh sebuah kesimpulan. Teknik analisis tersebut dapat saja menggunakan diagram, tabel, dan sebagainya. Sementara pada metode Penelitian kualitatif analisis hanya dilakukan berdasarkan data yang ditemukan di lapangan. Data tersebut dianalisis dengan cara menggeneralisasi untuk memperoleh suatu kesimpulan yang bersifat umum.

4. Perihal Tujuan
Orientasi pada penelitian kualitatif biasanya bertujuan untuk memberikan penilaian atau mengkritisi dari sebuah teori yang ada. Sementara pada kuantitatif, peneliti justru melakukan uji coba terhadap teori tersebut. Contoh Penelitian Kualitatif adalah penelitian yang mengkritisi materi pada sebuah buku pelajaran. Pada penelitian ini, peneliti mencoba melakukan analisa terhadap kekeliruan pada buku tersebut, serta memberikan pembenarannya. Sementara pada contoh penelitian menggunakan metode kuantitatif adalah peneliti menguji coba sebuah buku yang dikembangkan secara mandiri kepada siswa.

Itulah tadi beberapa definisi dan hal yang membedakan antara metode kualitatif dengan metode kuantitatif pada sebuah penelitian. Sebagai seorang peneliti, sudah seharusnya Anda memahami kedua metode ini, sebab masing-masing metode memiliki perannya vital pada tiap penelitian. Anda juga dapat mempelajari kedua metode tersebut melalui buku-buku metode penelitian yang banyak beredar di pasaran. Demikianlah informasi seputar metode Penelitian kualitatif dan kuantitatif ini, semoga bermanfaat bagi Anda.